Fungsi Pendidikan, Peran Pendidikan Formal dan Informal

By | 23 September 2019

Pendidikan memiliki fungsi yang sangat penting bagi kehiuapan manusia. Tanpa adanya pendidikan, manusia tidak akan mampu membangun peradapan hingga menjadi seperti sekarang ini. Masih banyak orang yang belum mengetahui mengenai apa itu sebenarnya fungsi pendidikan. Fungsi dari pendidikan secara umum adalah untuk mengembangkan kemampuan, membentuk watak dan kepribadian agar peserta didik memiliki pribadi dan kehidupan yang bermartabat.

Agar fungsi pendidikan dapat dimaksimalkan, saat ini semakin banyak lembaga pendidikan yang berusaha untuk menghasilkan generasi yang berkualitas. Berdasarkan pendapat dari Horton dan juga Hunt, sebuah lembaga pendidikan memiliki kaitan yang sangat erat dengan fungsi dari pendidikan. Semakin baik sebuah lembaga pendidikan maka akan semakin maksimal juga dalam menerapkan fungsi dari pendidikan.

fungsi pendidikan

Fungsi Pendidikan Dari Sebuah Lembaga Pendidikan

Fungsi pertama dari pendidikan yang diberikan oleh sebuah lembaga adalah untuk mempersiapkan setiap peserta didik agar nantinya memiliki kemampuan untuk mencari nafkah sendiri. Setelah beranjak dewasa, seseorang harus memiliki kemampuan untuk dapat memenuhi sendiri kebutuhan hidupnya dengan cara bekerja.

Selanjutnya adalah untuk mengembangkan dan juga membangun minat serta bakat seseorang agar nantinya seseorang tersebut bisa mencapai kepuasan pribadi dan juga dapat berguna untuk masyarakat sekitar.

Dalam lembaga pendidikan, banyak juga diajarkan mengenai kebudayaan atau apa yang telah ditinggalkan oleh manusia terdahulu. Dengan begitu pendidikan juga memiliki fungsi untuk melestarikan adat dan juga ilmu peninggalan leluhur.

Fungsi lain dari pendidikan dari lembaga pendidikan yang ada saat ini adalah untuk menanamkan ketrampilan pada setiap peserta agar nantinya dapat berikut serta dalam demokrasi dan bernegara.

Fungsi Pendidikan Menurut David Popenoe

Pendidikan memiliki fungsi untuk menyalurkan atau mentransfer kebudayaan dan ilmu dri suatu generasi ke generasi yang selanjutnya. Dengan begitu ilmu dan juga kebudayaan yang ada akan selalu ada dan terus dapat dilestarikan dengan baik.

Dalam dunia pendidikan, manusia akan diajari mengenai bagaimana bersosial yang baik dan juga tentang apa itu peranan social. Pendidikan memiliki fungsi yang sangat penting dalam hal social sehingga perlu bagi semuanya untuk menyadari hal ini.

Fungsi lainnya adalah untuk memastikan hubungan social dimasyarakat dapat berjalan dengan baik. Tanpa adanya pendidikan maka akan sangat sulit untuk melakukan integrasi social di masyarakat dengan harmonis.

Pendidikan memiliki peran dan juga fungsi yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Pendidikan bukan hanya bisa didapatkan dari lembaga pendidikan saja namun juga dari mana saja yang didalamnya mengandung fungsi seperti yang telah disebutkan. Pendidikan terdiri dari dua jenis yakni pendidikan formal dan juga pendidikan informal.

Macam-Macam Pendidikan

Pendidikan formal

Pendidikan formal termasuk dalam lembaga pendidikan yang dibangund an dikonsep secara sistematis. Saat ini sudah ada banyak sekali lembaga pendidikan formal yang bisa dijumpai ditengah kehidupan masyarakat. Contoh kongkrit dari pendidikan formal adalah pendidikan di sekolah mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Pendidikan yang berjalan dalam lembaga formal seperti sekolah telah tersusun konsepnya secara sistematis sehingga dalam praktiknya memiliki tujuan yang sangat jelas.

Pendidikan informal

Pendidikan informal juga memiliki peran yang sangat penting. Siapa saja bisa mendapatkan pendidikan ini karena tidak terbatas pada lembaga-lembaga pendidikan. Pendidikan informal bisa ditemukan di banyak tempat mulaid ari rumah, di tempat ibadah atau bahkan dilingkungan. Orang yang kreatif bisa mendapat lebih banyak ilmu dari lembaga informal.

Semakin cerdas seseorang dalam mengambil kesempatan untuk mendapatkan pendidikan baik itu dari pendidikan formal atau informal maka akan semakin baik juga kemampuan diri dapat dikembangkan. Pendidikan sudah sangat jelas begitu besar manfaatnya bagi kehidupan manusia. Perlu bagi setiap manusia untuk menyadari betapa pentingknya pendidikan. Banyak dari sebagian orang yang masih belum memahami akan pentingnya pendidikan sehingga lebih memilih untuk tidak mengutamakan pendidikan.

Dapat dilihat perbedaan manusia yang mendapatkan pendidikan secara baik dan yang tidak mendapatkan pendidikan yang cukup. Hal yang paling nampak adalah pada kedudukan martabatnya baik di lingkungan yang kecil maupun dilingkungan yang besar. Oleh karena itu, mengembangkan dan memaksimalkan diri untuk mendapatkan pendidikan yang baik sangatlah dianjurkan. Pendidikan tidak bersifat mutlak dan mengikat sehingga manusia masih memiliki kesempatan untuk memilih pendidikan mana yang ingin dijalani dan didapatkan.

Pendidikan yang didapatkan dilembaga seperti sekolah biasanya hanya akan lebih emngutamakan pada pendidikan ilmu pengetahuan. Pendidikan karakter dan yang lainnya bisa didapatkan dari keluarga, lingkungan dan lain sebagainya. Keseimbangan antara pendidikan ilmu pengetahuan dengan pendidikan karakter sangatlah penting. Apabila seseorang bisa mendapatkan kedua jenis pendidikan ini secara seimbang maka tidak akan sulit nantinya untuk menjalani kehidupan di masa yang akan datang dengan baik.

Pendidikan karakter akan menjadikan manusia yang sudah terdidik mampu menjalani dna memanfaatkan kemampuan diri sesuai dengan kaidah yang ada. Tanpa adanya keseimbangan antara moral dan juga kecerdasan pengetahuan akan banyak terjdai kerusakan dalam kehidupan. Semua manusia di dunia diciptakan dengan banyak dan juga kemampuan yang berbeda-beda. Semakin seseorang mampu untuk memanfaatkan kemampuan yang ada tentunya fungsi pendidikan akan semakin dapat dimaksimalkan.

Author: Yuli

Saya karyawan swasta yang memiliki ketertarikan dengan dunia digital khususnya blog dan SEO. Saat ini saya mengelola beberapa blog dengan berbagai tema. Semoga rangkaian kata yang saya tulis dapat memberikan manfaat untuk banyak orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *