Yuli Saya karyawan swasta yang memiliki ketertarikan dengan dunia digital khususnya blog dan SEO. Saat ini saya mengelola beberapa blog dengan berbagai tema. Semoga rangkaian kata yang saya tulis dapat memberikan manfaat untuk banyak orang.

Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli

2 min read

pengertian pendidikan

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dan memiliki pengaruh teramat besar bagi kehidupan manusia.Pengertian pendidikan secara umum merupakan suara proses pembelajaran untuk mendapatkan pengetahuan, kemampuan atau ketrampilan dan juga mempelajari mengenai apa yang diwariskan oleh manusia dari generasi ke generasi dengan melalui pengajaran, latihan dan juga melalui penelitian.

Tentu sudah banyak dipahami oleh masyarakat megenai pengertian dari pendidikan secara umum seperti yang telah disebutkan.Selain terdapat pengertian pendidikan secara umum, beberapa tokoh juga menyampaikan pendapatnya mengenai pengertian dari pendidikan.

Pendapat lain atau definisi umum lain dari pendidikan adalah sebuah usaha yang dilakukan secara sadar dan jga sistematis demi mewujudkan suasana belajar yang baik agar siswa bisa mengembangkan kemampuan atau potensi yang ada di dalam diri. Dengan adanya pendidikan, seseorang akan mampu mencari tahu kemampuan atau bakat yang dimiliki serta dapat mengembangkannya sehingga akan dapat berguna dimasa yang akan datang.

Pendidikan mencakup banyak hal bukan hanya mengenai mata pelajaran yang dilakukan disekolah saja. Ada banyak hal mulai dari pendidikan di sekolah, pendidikan karakter, pendidikan mengenai kecerdasan emosional, pendidikan dalam hal spiritual dan lain sebagainya. Setiap manusia tentu saja akan sangat membutuhkan pendidikan yang tepat agar nantinya memiliki keterampilan yang bisa dimanfatkan baik untuk dirinya sendiri atau untuk keperluan orang banyak.

Pengertian Pendidikan Menurut Bahasa

Pendidikan dalam bahasa inggris disebut sebagai education. Secara etimologi berasal dari bahasa latin yakni eductum. Eduktum sendiri berasal dari dua kata yakni E yang artinya keluar dan Dico yang artinya berkembang.

Jadi secara etimologis Pengertian pendidikan adalah suatu proses pengembangan diri sendiri dan juga kekuatan individu. Dalam pengertian singkat, pendidikan memiliki arti suatu proses pembelajaran kepada peserta didik agar nantinya memiliki pemahaman yang baik terhadap sesuatu dan juga membuat peserta didik mendadi manusia yang berguna dan juga kritis dan berfikir.

Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli

Masih ada banyak lagi Pengertian pendidikan yang bisa kita ambil. Berikut ini adalah beberapa pengertian lain dari pendidikan yang disampaikan oleh para ahli. Beberapa pengertian tersebut antara lain:

Ki Hajar Dewantara

Salah satu tokoh yang sangat berpengaruh dalam dunia pendidikan adalah ki Hajar Dewantoro. Beliau menyampaikan sebuah pendapat mengenai pengertian dari pendidikan. Menurut beliau, pendidikan adalah sebuah proses untuk menuntun semua kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak peserta didik, agar mereka sebagai manusia dan juga sebagai anggota masyarakat dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya. Itu adalah pendapat dari seorang tokoh kenamaan Indonesia.

Martinus Jan Langeveld

Pendapat ahli yang selanjutnya adalah dari Martinus Jan Langeveld yang menyatakan bahwa pendidikan adalah sebuah upaya untuk menolon anak untuk bisa menjalankan tugas hidup secara mandiri dan juga bertanggung jawab secara susila. Pendidikan adalah sebuah usaha yang dilakukan oleh manusia dewsa terhadap manusia yang masih belum dewasa untuk membantu menuju kepada kedewasaan.

Ahmad D. Marimba

Pendapat yang selanjutnya adalah dari Ahmad D. Marimba. Beliau menyatakan pengertian dari pendidikan adalah bimbingan secara sadar yang dilakukan oleh pendidika terhadap peserta didik yang didalamnya terdapat bimbingan mengenai perkembangan jasmani dan juga rohani agar dapat terbentuk kepribadian yang utama.

Stella Van Petten Henderson

Pendapat lainnya dari seorang tokoh yang bernama Stella Van Petten Henderson yang menyampaikan arti pendidikan sebagai kombinasi pertumbuhan, perkembangan diri dan warisan sosial.

Pengertian Pendidikan Menurut Undang-Undang Republik Indonesia

Sedangkan Menurut UU No. 20 Tahun 2003, pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar pesertadidik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara.

Tujuan Pendidikan

Setelah mengetahui mengenai pengertian pendidikan selanjutnya juga perlu diketahui mengenai apa itu tujuan dari pendidikan. Pendidikan diberikan kepada manusia dengan tujuan untuk mencerdaskan dan juga membantu untuk mengembangkan potensi yang ada pada peserta didik. Dengan dilakukannya pendidikan maka pertumbuhan kecerdasan dan potensi diri lebih tersistematis.

Banyak hal yang bisa dikembangkan dalam diri seseorang antari lain ilmu pengetahuan, kesehatan jasmani dan rohani, kreatifitas, kepribadian.

Semakin berpendidikan seseorang tentu saja akan semakin baik juga potensi yang dimiliki dalam dimanfaatkan dalam kehidupan.

Tujuan pendidikan juga disebutkan di dalam Undang-Undang Republik Indonesia, diantaranya di UU No. 2 Tahun 1985 yang menyebutkan tujuan dari pendidikan adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia yang seutuhnya, yaitu bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, memiliki pengetahuan, sehat jasmani dan rohani, memiliki budi pekerti luhur, mandiri, kepribadian yang mantap, dan bertanggungjawab terhadap bangsa.

UU. No. 20 Tahun 2003 juga menyebutkan jika tujuan dari pendidikan nasional ialah untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Sedangkan berdasarkan MPRS No. 2 Tahun 1960, tujuan pendidikan adalah membentuk manusia yang berjiwa Pancasilais sejati berdasarkan ketentuan-ketentuan yang dikehendaki oleh pembukaan UUD 1945 dan isi UUD 1945.

Setelah mengetahui pengertian pendidikan dan juga tujuan pendidikan maka akan semakin mudah bagi seseorang untuk menerapkan pendidikan sesuai dengan tujuan yang ada.

Sebagai warga negara Indonesia, kita perlu untuk menjunjung tinggi dan mengutamakan pendidikan karena tanpa pendidikan yang baik, negara tidak akan memiliki generasi penerus yang berkualitas.

Yuli Saya karyawan swasta yang memiliki ketertarikan dengan dunia digital khususnya blog dan SEO. Saat ini saya mengelola beberapa blog dengan berbagai tema. Semoga rangkaian kata yang saya tulis dapat memberikan manfaat untuk banyak orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *